Since Long Time Ago

I know that I'll fail so many times but I wish I'll get one. The one that's best for me and makes my parents proud :""

typing this with teary eyes, I promise that someday I'll read again with smile
0 komentar | |
Reaksi: 

Day 8

Forgot to continue the challenge, ah sorry for my bad :'''

So, for Day 8, two months ago; where were you/what are you doing.

I was in Balikpapan, uhm I am, until now, at the office exactly. I went for internship in national oil and gas company. Internship is one of the best moments of my life :) finally I know how the world after college looks like. People are so much kind there, I'm really thankful for being there.

2 months ago, it means 8th of June, I was on my field orientation at control room (RPPK or Ruang Pusat Pengendali Kilang). I think I'm too much but that is the coolest room I've ever see! Hahaha, felt like playing on NASA movie :)) I learned a lot of things I can't get from academic lecture. For umpteenth time, I'm really thankful. Thank you for HSC and HCC people for being very nice, funny, and friendly. I had fun at RPPK, wanna go there again and again.

I learned so much especially about CDU or Crude Distillation Unit. It is a primary process of oil refining, maybe it looks simple but it's not as easy as you think. Very good basics and concepts are needed. Crude distillation might just process of oil fractionation but if you're a deep learner, you'll find that many variables could be optimize for better. My assignment is about CIT or Crude Inlet Temperature. CIT is inlet temperature of crude oil to furnace in preheating section before crude oil enters the distillation column. The higher CIT means the lower duty of furnace so that more fuels can be saved.

CIT now isn't as high as the design value because preheater performance decreases every time. Beside that, there are unused heat exchangers in different unit that may be used to increase CIT. I simulated that idea with HYSYS to find how's CIT enhancement if the heat exchangers are used.

Interesting? Yeah, soooo much! I even calculated the cost fuel saving :) unforgettable assignment and memories~ I wish I'll get job that fits me and my passion. Challenging job that skills me up, wish me good luck, aamiin :)

0 komentar | |
Reaksi: 

Day 7

"Talk about your family. Your close family, extended, deceased; your entire family."

Bicara soal keluarga bisa ga habis habis nih, soalnya gedeeee banget hehe. Mungkin dibatasin sampe eyang aja ya biar ga terlalu panjang.

Mulai dari bapak, nah, bapaknya bapak atau Kakek Thohir sudah meninggal dunia sejak bapak SMP, jadi yang menghidupi keluarga bapak ya Nenek Makiyah seorang diri. Nenek itu orangnya baiiiiik banget dan taat beribadah. Kagum sama nenek yang hafal Al-Qur'an, subhanallah. Nenek meninggal dunia tahun 2009 lalu bulan Desember waktu saya lagi liburan ke Surabaya. Kenangan terakhir adalah tadarus di samping nenek 2 jam sebelum nenek meninggal sampai nenek menitikkan air mata. Masya Allah, rasanya haru luar biasa. Jadi sekarang saya ga punya eyang dari bapak.

Nenek dan Kakek punya 6 anak. Anak pertama Budhe Lathifa, anak kedua Budhe Malikha, anak ketiga Budhe Faridha, anak keempat kalau saya tidak salah sudah meninggal dunia saat bayi, dan anak kelimanya kembar, yaitu bapak saya hehe, Bapak Syaiful dan Bapak Syaifuddin. Dulu waktu kecil saya sering diajak jalan2 sama Bapak Udin tapi saya kira lagi jalan sama bapak, soalnya mirip banget hehe. Dan kalo ada dua-duanya saya selalu bilang, "loh, bapaknya ada dua." Kalo Budhe Tipa, Budhe Likha, sama Budhe Ida masih tinggal di Surabaya, rumah Nenek. Sedangkan bapak saya di Balikpapan dan Bapak Udin di Jakarta. Anaknya Budhe Likha dan suaminya, Pakdhe Undul, ada 4, Mas Didik, Mbak Indah, Mas Yayan, dan Mbak Hanik. Mbak Hanik udah punya anak yang artinya keponakan saya hehe, yaitu Nabil dan Adib, lucu lucu  dan pinter pinter. Kalau anaknya Bapak Udin dan istrinya, Bu Yani, anaknya 3, Salsa, Diba, dan Sabrina.

Nah, mungkin cukup ya dari bapak, lumayan panjang hehe. Sekarang ibu, nah kalo bapaknya ibu, namanya Yangkung Gunarso dan ibunya Yangti Soetijah. Dua-duanya juga sudah tidak ada. Yangkung meninggal dunia tahun 1995 dan Yangti baru tahun 2012. Jadi sekarang saya bener-bener ga punya eyang, ihiks. Anak Yangkung dan Yangti ada 4, yang pertama adalah ibu saya, Ibu Liza. Anak kedua Ibu Lira, anak ketiga Om Ari, dan anak keempat Om Anton. Ibu Lira dan suaminya, Om Sjafi'i, punya 2 anak laki-laki, Dik Hanif yang baru lulus kuliah dan Dik Fari yang baru masuk tingkat 2. Om Ari dan istrinya, Tante Susi, memiliki 3 anak, Dik Joseph yang baru masuk SMA, Dik Johan yang baru masuk SMP, dan Dik Ephine yang baru naik kelas 6 SD. Om Anton dan istrinya, Tante Ndari, memiliki 2 anak perempuan, Dik Darin yang naik kelas 6 SD dan Dik Rara yang naik kelas 5 SD. Ibu Lira tinggal di Bogor, Om Ari di Jogja, dan Om Anton di Semarang.

Then last but not least, keluarga saya sendiri hehe. Terdiri dari Bapak Syaiful, Ibu Liza, Farah, dan Firas. Bapak sekarang lagi kerja di Balikpapan dan ibu kerja di Jakarta, sementara Firas baru masuk sekolah SMP di Labschool Cibubur dekat rumah. Sedangkan saya sendiri sedang memasuki awal tingkat akhir di PTN di Bandung. Semoga lancar-lancar. Aamiin.

Kalau mau diceritakan semua sih harusnya banyak banget bisa satu buku sendiri hehe, jadi sekian dulu mungkin agar tidak terlalu panjang lebar. See you on the next post :)
1 komentar | |
Reaksi: