Selesai dan Bersih

Berhasil, berhasil, berhasil, hore !! Loisimo !! (Dora's quote)

Akhirnya UN beres juga, tapi rasanya kurang lega, soalnya masih ada USM, semoga bisa ngerjain soalnya !! amin.. Terus terang untuk UN, aku ga yakin bisa dapet hasil yang spektakuler, tapi setidaknya aku bangga, bangga banget karena hasil ujian kali ini adalah murni hasil kerja kerasku sendiri, tanpa bantuan hp, kertas contekan, jawaban temen, dll. Bersih dan murni.

Entah kenapa hasil bekerja sendiri itu selalu memuaskan, selain melatih kita untuk lebih percaya diri, juga tidak terbebankan oleh rasa "mencurangi" teman. Percaya diri dan kejujuran saat ujian itu penting banget loh teman-teman sekalian sebangsa dan setanah air, apakah kalian rela selama 3 tahun belajar dengan susah payah tapi ujung-ujungnya ilmu itu ngga dipake.

Bagi adik-adik yang akan masuk SMA, nanti pada kelas 3 kalian akan menjalani berbagai tes dan ujian masuk perguruan tinggi, dan di ujian perguruan tinggi ini, kalian ga akan bisa nyontek (kecuali pas UN), padahal ujian ini penting banget untuk masa depan kalian. Nah, untuk itu, pelajaran dari kelas 1 mesti dipahami baik-baik dan waktu ujian jangan cuma ngandelin jawaban temen.

Aku termasuk orang yang menyesal karena banyak melupakan pelajaran kelas 1 dan kelas 2, jadi mesti belajar lagi, dan USM tinggal hitungan jam, belajar di saat seperti ini mungkin kurang efektif tapi harus dilakuin. Menyesal itu selalu di bagian akhir, dengan ilmu yang sekarang aku cuma bisa berdoa semoga dapet sekolah yang bagus dan yang terbaik. Tadi waktu ngambil kartu ujian USM banyak banget yang ngantri, itu juga baru di kota dan kabupaten Bogor. Ckckck. Tapi justru itu bisa jadi motivasi untuk lebih semangat ngerjain soalnya.

Tulisan di atas bukan bermaksud untuk mengajari, menasihati, sok tau, ataupun sok tua. Tapi tulisan di atas cuma berdasarkan pengalaman pribadi. Soalnya kata orang jawa, "Experience is the best teacher" yang artinya hemat pangkal kaya.

Sekian. Selamat belajar teman-teman.
|
0 Responses