Korban Ngomong Sembarangan

Baru pulang dari BP, pembahasan try out, baru kali ini aku sekelas ber-3, sama gurunya ber-4. Dan baru sadar kalo aku orang paling pendiam se-jagadraya (ga juga si, nyadarnya udah lama).

Sepanjang pembahasan, aku cuma ngomong kalo ditanya, dan 2 temanku yang lain kayanya ngobrol asik banget, aku hanya meratapi nasib pita suaraku yang ingin berbunyi tapi malu-malu.

Padahal dulu, waktu masih kecil, rasanya main sama anak-anak lain biasa aja, ngomong juga ceplas ceplos asal keluar. Jadi kayanya pita suaraku bahagia banget dulu. Tadipun akhirnya sambil nonton bbf, aku merenung mengapa bisa jadi pendiam gini (eh iya bbf main lagi).

Ya, aku tahu mengapa bisa begini, saya ini pendengar yang kurang baik, apalagi kalo lagi stress, dulu waktu smp, ada tes pembagian kelas, pas banget pelajaran matematika. Waktu itu, teman sebangkuku dari kelas lain dan belum kenal.

Aku (A) : hai (entah kenapa kata ini muncul)
Teman (T) : Hai, namanya siapa?
A : farah. Kamu?
T : nama lengkapnya ...... (panjang, aku lupa, anggep aja Joko Sudiro Husodo, nama samaran)
A : hmm, panggilannya siapa dong? (mulai stress mikir ujian)
T : wah banyak, bisa jo, bisa joko, bisa kosu, bisa sudi, bisa diro, bisa huso, bisa husodo, jadi kamu mau manggil apa?
*waktu dia nyebutin nama-nama itu jujur aku ngelamun dan yang kedengeran cuma nama terakhir yang dia sebutin*
A : oh, ehhhh, husodo aja, ya, husodo. ehm. (beuh, malunya mukaku taro dimana ini, ketahuan ngelamun kayanya)
T : oh, oke

Temanku itu kayanya ga suka dipanggil husodo (nama samaran), jadi kita dieman sampai akhirnya pisah setelah tes. aduh, aku merasa bersalah, dan sejak itu traumaku terhadap ngobrol sembarangan mulai terukir (halah). semenjak saat itu entah kenapa aku jadi takut ngomong sama orang baru, kecuali orang itu ngajak ngobrol duluan. Aku janji ga akan ngelamun lagi. Namun rasa trauma itu masih ada, masih ada saudara-saudara. Tapi kalo sama teman-teman dekat mah biasa aja, tetep becanda sembarangan

Setelah sma, akupun ingin mengembalikan keberanian berbicara di depan kelas dan berhasil !! Walaupun kaku gitu, tapi akhirnya berani. Kemudian aku pindah sekolah dan namanya juga di sekolah baru, masa iya berani ngomong cerewet gitu. Setelah beberapa lama baru aku berani sedikit-sedikit ngomong depan kelas, pertamanya pidato (yah, tersendat-sendat hampir tersandung gimanaaa gitu ya, nilai pidatoku jelek).

Lama kelamaan, akhirnya lancar ngomong di depan kelas di sekolah baru. Suatu saat, aku punya ide untuk ngelucu di depan anak sekelas pas pelajaran kesenian. Ceritanya waktu itu lagi presentasi lukisan, dan kayanya anak-anak yang bikin joke di depan kelas pada sukses. Jadilah dengan bangga aku menampilkan joke yang bagus (baca : aneh). YES, kelas pun sunyi, cuma ada segelintir orang yang tertawa. Oke, aku sadar emang ga berbakat bikin joke. Jadilah presentasi lukisanku hancur di bagian joke tadi. Ga pernah niat bikin joke lagi, kecuali kalo lagi ceplas-ceplos bareng teman dekat. Fiuuh...

-Selesai-

Ah iya, mataku silindris dua-duanya, yang kanan ada minus 0.5 juga. Hiks, aku belum liat mukaku gimana pake kacamata. Semoga jadi bagus
|
0 Responses